Gunung Marapi Erupsi, Akses Dan Aktifitas Pendakian Ditutup

Gunung Marapi di Sumatera Barat Erupsi.

Sabtu, 7 Januari 2023 – 21:20 WIB

VIVA Nasional – Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat, Ardi Andono menegaskan jika pihaknya kini sudah menutup akses jalur pendakian Proklamator di Gunung Marapi menyusul, adanya peningkatan aktifitas vulkanologi Marapi. 

“Jalur pendakian kita tutup. Kita larang pendaki untuk tidak melakukan pendakian apalagi mendekati kawasan kawah atau puncak. Ada beberapa pendaki yang baru tiba di pos lapor. Tapi kita tidak izinkan melakukan pendakian,” kata Ardi Andono, Sabtu 7 Januari 2023.

Ilustrasi pendakian

Ilustrasi pendakian

Photo :

  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Ardi bilang, saat ini memang terdapat sekitar 40 pendaki yang masih berada didalam kawasan Taman Wisata Alam Marapi. Mereka terdata naik pada hari Kamis dan Jumat kemarin. Meski demikian, seluruh pendaki kini sudah dalam proses turun atau kembali ke pos lapor. 

“Kondisi terakhir pendaki diatas sedang dalam perjalanan turun dan jalur pendakian ditutup,” tutup Ardi Andono. 

Ardi juga menyebut selain menutup akses jalur pendakian Proklamator Gunung Marapi, pihaknya juga memantau atau memonitoring pergerakan satwa liar dilindungi di Gunung Marapi. Menurutnya, pergerakan atau migrasi satwa biasanya terjadi disaat adanya peningkatan aktifitas vulkanologi pada gunungapi aktif. 

Namun, dalam kasus erupsinya gunung marapi hari ini, belum tentu migrasi satwa itu terjadi karena aktifitas kegempaannya kecil dan tidak terus menerus

Halaman Selanjutnya

“Prilaku satwa yang berada di kawasan hutan gunungapi apalagi sampai bermigrasi, itu biasanya memang sering terjadi. Tapi, pada kasus jika aktifitas vulkanologinya tinggi sekali.  Kalau kejadian di gunung marapi hari ini, analisis kita, belum terjadi migrasi,” kata Ardi Andono

img_title

Sumber: www.viva.co.id